Thursday, January 03, 2008

impian sepasang kekasih

"kekasihku...........usahlah terlalu kuat engkau mendayung," sang perempuan berujar kepada lelaki pasangannya yang berada di buritan sebuah sampan mendorongkan sebilah kayu panjang ke dalam air membawa perahu itu melaju. " Tidak apa-apa dinda, kakanda masih lah kuat mendorong sampan ini hingga ke jembatan di depan sana.
"Aku ingin menikmati indahnya sungai ini kakanda ku," ujar sang perempuan. "Aku ingin menikmati betapa indahnya kampung ku, kakanda...," tambahnya. "Baiklah dinda ku terkasih," ujar sang lelaki mengurangi laju kayuhan bilah kayu yang dipegangnya.

Tidak kah kau lihat kakanda, betapa indahnya sungai kampung ku ini," ujar sang perempuan sambil menengok pasangannya dengan mesra. " kanan kiri sungai hijau oleh rimbunnya pepohonan.", lanjutnya sambil sesekali menarik nafas dalam-dalam menikmati udara sungai.

"Lihat disana kakanda, ada pancuran yang mengalirkan air dari mata air di atas bukit sana." Sang perempuan sedikit memekik ketika dilihatnya pancuran di tepi sungai. " Begitu jernihnya air ini, sehingga pantas saja air sungai pun tampak jernih...." ujar sang perempuan memandang ke arah pancuran."Wah.... ikannya pasti banyak di sungai ini ya?" tanya sang lelaki dengan tetap mendorongkan bilah kayu di tangannya dengan perlahan. "Lihat, orang pun tidak perlu menggunakan jaring untuk mencari ikan.", tambah sang lelaki. "Woy pak nelayan.........banyakkah tangkapan hari ini?" teriak sang lelaki ke pada seorang bersampan yang berada di sisi seberang. "Yah....lumayan lah," ujar sang lelaki dengan agak pelan. "Dapat ikan apa saja? tanya sang lelaki penuh semangat. "gelas plastik, botol, kaleng, dan beberapa yang lainnya." ujar sang nelayan dengan sedikit enggan. "Semoga melimpah ya hasil hari ini...", kembali sang lelaki memekik kepada sang nelayan. "Iya, terimakasih." jawab sang nelayan hampir tak terdengar.

Kembali kedua kekasih itu melanjutkan perjalanannya menikmati kehidupan di tepi sungai. "Kakanda kusayang, dinda berharap kita dapat tetap tinggal disini," ujar sang perempuan lembut, "menikmati anak-anak kita lahir dan tumbuh serta bermain-main di tepi sungai seperti anak-anak itu." lanjut sang perempuan dengan tatapan mengarah kepada sekelompok anak yang sedang bermain di tepi sungai. "Iya, dindaku," jawab sang lelaki. "kakanda nanti akan mengajarkan anak-anak kita berenang di sungai ini, sehingga mereka nanti menjadi anak-anak yang pemberani dan pandai berenang,"ucap sang lelaki memandang mesra kepada sang perempuan.


"Kita hampir sampai kakanda," ujar sang perempuan menoleh kepada sang lelaki. "Menepi dan perapatlah di dekat jembatan itu," sambung sang perempuan menunjuk kearah jembatan bambu dengan anyaman yang sangat indah. "Bukan kah seperti ini tempat yang kita impikan bersama Kakang." kata sang perempuan merapihkan posisi duduknya. "Betul dinda ku, tempat yang sesuai bagi anak-anak kita tumbuh dan dewasa." jawab sang lelaki dengan pandangan mengawang.

2 comments:

Anonymous said...

edy...salut ana...kondisi yang memprihatinkan di sepanjang sungai saat ini...andai bisa kembali bersih dan asri....

rani-langitbiru said...

beautifully written and imagined
though the truth is truly ironic