Monday, January 28, 2008

satu hari (lagi) di Angke

Rudi berlonjak-lonjak riang sesaat setelah mendapatkan pasangan setelah fasilitator meneriakkan kata penebang. Saat itu rudi berperan sebagai pohon yang harus berpasangan dengan seorang teman melindungi seekor monyet yang diperankan oleh teman lainnya. Ketika fasilitator meneriakkan kata penebang, peserta yang berperan menjadi pohon bergerak kearah hewan yang sedang berjongkok. Itu merupakan salah satu permainan yang dilakukan pada hari minggu kemarin, di Suaka Margasatwa Muara angke.

Hari itu serombongan anak-anak muda dari Cardoner JSN dengan membawa 20-an anak-anak dari panti asuhan mendapat pencerahan mengenai hutan mangrove dan lingkungan secara umum bersama relawan dari Jakarta Green Monster setelah pada pagi harinya membuktikan bakti terhadap alam melalui kegiatan penanaman bakau di Taman Wisata Alam. Kegiatan diisi dengan pengenalan mengenai jenis tumbuhan dan satwa di hutan mangrove, kualitas air dan tentang sampah. Selain itu diisi juga dengan permainan lingkungan dan saling membagi kesan dan pesan di akhir kegiatan.

Rudi, sang panitia pun turut menikmati kegiatan sepanjang hari itu, bersama peserta yang lain merasakan kesan pertama di Suaka Margasatwa Muara Angke. Yang diharapkan kesan itu akan berbekas pada perilaku semua yang teliabt di kegiatan hari itu menjadi lebih ramah terhadap diri sendiri, teman dan lingkungan. (k-v)

No comments: