Friday, June 12, 2009

WAKATOBI MERAMBAH TEKNOLOGI

Jika mencari yang berhubungan dengan kata "wakatobi" di mesin pencari yang akan banyak muncul adalah segala hal yang berhubungan dengan dunia penyelaman dan resort pantai yang eksotik.

Wakatobi adalah satu daerah di Sulawesi Tenggara yang didominasi oleh  laut, dengan wilayah seluas 14000 Ha dimana 9000 Ha diantaranya adalah Terumbu karang.  Nama wakatobi berasal dari singkatan nama 4 pulau besar di kawasan tersebut, yaitu WAngi-wangi, KAledupa, TOmia dan BInongo.

Wakatobi merupakan satu-satunya kabupaten di Indonesia yang juga merupakan Taman Nasional, ditetapkan sejak 1996.  Kawasan ini merupakan salah satu lokasi prioritas perlindungan laut di Indonesia.  Saat ini paling tidak ada dua organisasi konservasi dunia yang "bermain" di daerah ini, yaitu TNC dan WWF.

Saat ini, nama wakatobi tidak lagi hanya dihubungkan dengan terumbu karang, menyelam, serta orang bajo-nya yang hidup di laut, namun juga dipergunakan sebagai nama produk laptop keluaran dalam negeri dari pabrikan Zyrex.  paling tidak itu yang terlihat pada saat Festival Komputer Indonesia di Jakarta Convention Center tanggal 10-14 Juni 2009.
Entah bagaimana nama tersebut dapat menginspirasi pembuat laptop yang dihargai 4,7 juta dan 9 juta-an ini.  Namun dipastikan wakatobi memberikan kesan mendalam bagi seseorang sehingga menamakan produknya dengan nama yang sama.  

Akan sangat lebih berkesan sehingga penamaan laptop tersebut juga dapat memiliki kontribusi terhadap di Wakatobi  itu sendiri, entah bagaimana bentuknya namun kehadiran si laptop menambah nilai penghargaan terhadap keberadaan Wakatobi di bagian tenggara Sulawesi sana.

No comments: