Tuesday, March 09, 2010

kiat ketika mogok di sumatera

Mogok, adalah suatu peristiwa yang sangat menjengkelkan, merupakan kejadian dimana kendaraan kita, baik itu roda dua, roda tiga, roda empat atau bahkan lebih akan berhenti secara mendadak di saat dan tempat yang tidak tepat dengan berbagai macam sebab. Sebabnya bisa karena kehabisan bahan bakar, kerusakan mesin, atau bahkan karena hal-hal yang diluar akal sehat.
Ketika hal ini terjadi, tidak pula melihat tempat, bisa ditengah kemacetan Jakarta, bisa saat berada di jalan tol, bisa saat baru keluar dari garasi, bisa ditengah kerusuhan, atau ditempat yang sepi.
Menghadapi situasi tersebut, ternyata ada kiat yang dimiliki oleh pengemudi yang biasa mengarungi jalur lintas timur, tengah ataupun barat di pulau sumatera. Patut diketahui bahwa jalur darat Sumatera masih banyak yang melewati daerah hutan yang notabene tidak banyak aktivitas manusia ataupun pemukiman, sehingga jika mogok terjadi bisa banyak kemungkinan yang terjadi, mulai dari kesulitan mencari bantuan hingga ancaman kriminalitas.
Kiat yang dilakukan adalah ketika mogok terjadi khususnya di daerah sepi seperti di daerah berhutan maka kendaraan, khususnya roda empat atau lebih dihentikan di tengah jalan. Kenapa begitu? bukankah akan mengganggu kendaraan lain yang akan melintas? betul, karena memang itulah maksudnya agar kendaraan yang searah dan berlawanan arah tidak dapat lewat, sehingga kalaupun kendaraan lain tidak dapat membantu paling tidak ada teman selama belum dapat kembali jalan.
Hebat kan idenya, nyusahin orang lain sih.........

No comments: